Antara aku dan sahabatku

Danau Ranu Kumbolo (belakang) menuju puncak SEMER
tertatih ketika perjalan menuju puncak (kita tetap berdua)
candi Jago, perjalanan menuju SEMERU
menarsiskan diri ketika capek liputan majalah
 
dinda n me, ketika semester 3 dibangku kuliah
Tetaplah menjadi Sahabatku…..

Tetaplah menjalin kebersamaan Sahabatku….
Dinda Dinar Gumilang

The Lost of Dream – Tenggelamnya cita-cita bersama lumpur lapindo –


Siang itu terik matahari begitu terasa di kawasan penampungan para korban “Lumpur Lapindo” yang sudah hampir 2 tahun para pengungsi berada di tempat pengungsian tersebut. Salah satunya kami menemui seorang remaja 17 tahun, Muhammad Choirul yang kerap disapa irul sedang bermain dengan adiknya dan berbincang-bincang dengan kru academia masalah impian. Tak jauh berbeda dengan remaja lainnya, remaja yang

 sekarang menginjak kelas 1 SMK BESUKI yang terletak tak jauh di lokasi pengungsiannya. Dia ingin sekali menjadi seorang tentara, tapi apa daya semuanya kandas akibat Lumpur lapindo, rumahnya tenggelam, ayahnya yang hanya seorang petani hanya bisa pasrah karena sawahnya yang juga ikut terendam akibat  Lumpur. “Saya hanya anak petani, ndak usah muluk-muluk untuk bermimpi”. Terakhir perbincangan kami ditutupnya dengan senda gurau pula “cita-cita kan ndak mesti harus kesampean toh mbak!”. Tapi yang penting cita-cita dia adalah mengembalikan semua kebahagiaan orang tua irul dengan berprestasi di sekolah, karena dia mempunyai keinginan untuk mewudkan semua itu, karena dikawasan itu jika menyinggung soal pendidikan otomatis sensitif ditelinga masyarakat tersebut, ngisi perut aja susah apalagi sekolah. Adanya tempat berteduh buat mereka pun, itu adalah sebuah impian mereka pula. Tak hanya irul yang mengalami masalah demikian, ada puluhan bahkan jutaan remaja yang impian tenggelam disana. Hanya semangat dan uluran tangan pemerintah yang mereka nanti untuk mewujudkan impian atau cita-cita melaui pendidikan.dalam hal ini jika seorang remaja dihadapkan masalah yang dihadapi seperti irul, kadangkala sikap pesimis pun selalu muncul di benak mereka, walaupun dari lubuk hati cita-cita adalah salah satu tujuan hidup atau impian seseorang. Itulah pentingnya cita-cita, tumbuh atau tidak, terwujud atau tidak, tergantung dengan siapa dan bagaimana cita-cita itu berjalan seiring dengan semangat yang takkan pernah berhenti pula. Pengalaman seorang irul memberi pengertian lain bagi mereka yang masih pesimis akan cita-cita, memberi semangat baru bagi kita bagaimana cita-cita itu di tanam yang kemudian akan kita petik, baik atau pun buruk nantinya, mimpi di dunia dejavu itu akan terwujud jika bibit yang kita tanam sendiri mulai dari sekarang dan saat ini.(alv)

For My Dad…

Simple Plan – Perfect –

Hey Dad look at me
Think back and talk to me
Did I grow up according
To plan?
Do you think I’m wasting
My time doing things I
Wanna do?
But it hurts when you
Disapprove all along


And now I try hard to make it
I just want to make you proud
I’m never gonna be good
Enough for you
I can’t pretend that
I’m alright
And you can’t change me


‘Cuz we lost it all
Nothing lasts forever
I’m sorry
I can’t be Perfect
Now it’s just too late
And we can’t go back
I’m sorry
I can’t be Perfect


I try not to think
About the pain I feel inside
Did you know you used to be
My hero?
All the days
You spent with me
Now seem so far away
And it feels like you don’t
Care anymore


And now I try hard to make it
I just want to make you proud
I’m never gonna be good
Enough for you
I can’t stand another fight
And nothing’ alright


‘Cuz we lost it all
Nothing lasts forever
I’m sorry
I can’t be Perfect
Now it’s just too late
And we can’t go back
I’m sorry
I can’t be Perfect


Nothing’s gonna change
The things that you said
Nothing’s gonna make this
Right again
Please don’t turn your back
I can’t believe it’s hard
Just to talk to you
But you don’t understand


‘Cuz we lost it all
Nothing lasts forever
I’m sorry
I can’t be Perfect
Now it’s just too late
And we can’t go back
I’m sorry
I can’t be Perfect


‘Cuz we lost it all
Nothing lasts forever
I’m sorry
I can’t be Perfect
Now it’s just too late
And we can’t go back
I’m sorry
I can’t be Perfect

kesederhanaan…

walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
 aku bicara padamu tentang Cinta….
dan aku terima keberadaanmu
seperti kau terima keberadaanku (GIE)
ada sebuah cinta sederhana yang kita punya, sederhana tapi begitu luar biasa, berdua membicarakan masa depan, bercanda, bercerita dan tertawa. amat sederhana namun begitu indah dan berarti..
for (blackshell)

 

Indonesia Mengajar…

Dapat post-ingan link dari salah satu teman di FB,Artika, dia bilang kalo suka ngajar, padahal g juga kok, hehehe, salah satu programnya tentang program Indonesia Mengajar, ketika buka isi dan persyaratannya tak ada keraguan untuk segera buka formulir pendaftaran lewat online, ada rasa kebanggaan tersendiri ketika aku harus gabung dan bisa disebut semi relawan tersebu, mengajar didaerah terpencil dan memanfaatkan ilmu disana, adapun persyaratannya adalah di bawah ini :
Indonesia Mengajar (IM) percaya bahwa kualitas pendidikan berkait erat dengan kualitas tenaga pengajar. Dengan demikian, IM berkepentingan untuk merekrut generasi muda dengan kriteria sebagai berikut:
  • Lulusan S1.
  • Fresh graduate, maksimal dua tahun setelah lulus jenjang strata satu.
  • Umur maksimal 25 tahun dan belum menikah
  • IPK minimal 3,0 dalam skala 4,0 dari berbagai disiplin ilmu.
  • Berprestasi baik di dalam maupun di luar kampus.
  • Mengedepankan jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman berorganisasi.
  • Mengedepankan kepedulian sosial dan semangat pengabdian.
  • Memiliki antusiasme dan passion dalam dunia pendidikan, khususnya untuk kegiatan belajar-mengajar
  • Menghargai dan berempati terhadap orang lain.
  • Memiliki semangat juang, kemampuan adaptasi yang tinggi, menyukai tantangan dan kemampuan problem solving.
  • Memiliki hobi atau keterampilan non-akademis yang menarik dan bermanfaat.
  • Sehat secara fisik dan mental.
  • Bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun                                                             
 Ada sedikit rasa terharu ketika melihat keadaan pendidikan diluar Jawa masih sangat memprihatikan, sama sekali tidak ragu ketika harus merelakan banyak waktuku buat mereka. 
Tapi tadi malam aku banyak merenung ketika aku ditrima di program itu, seseorang yang harus rela kutinggalkan dalam jangka waktu 1 tahun lamanya. “sepertinya aku harus mempertimbangkan lagi”,kalo tujuannya pengen ilmunya bermanfaat kan nggak harus di pelosok pulau semacam itu kan” banyak yang harus ditinggalkan, banyak lagi yang harus difikirkan, ketika berdebat dengan ibuku yang sempet bilang “, aku cuma diam, ada benarnya juga sih, tapi andai ibu tau, mengajar di pelosok dan bisa menghibur orang-orang seperti mereka adalah keinginginan sejak lamaaaaa sekali, ketika meminta pendapat bapak ada sambutan hangat ketika si bapak tau program itu dan tau kalo aku juga ingin sekali gabung. tapiiiii pagi tadi aku mulai merenung lagi, ada yang masih membuatku sangat berat kutinggalkan, Nyil, dia mungkin tak sanggup ketika harus berpisah dalam jangka watu segitu lama, akh, apa kata nanti. 
Lagi, aku menceritakan program itu pada teman kampus, ada yang menyahut seperti “daripada mengabdi jauh2, kenapa kamu g bantu aku aja di Panti Asuhan”, dan akhirnya aku juga berfikir sekian kali, ada benarnya juga. apalagi tadi barusan temen2 mangusulkan agar aku juga cepat2 membuat surat lamaran dan mengusulkan sebagai salah karyawan. what? 1 alasan lagi yang membuat aku mikir beberapa dan beberapa lagi, hehehe.. yach.. jawabannya tetap, Apa Kata Nanti…

Pojok Surabaya…

Ada daerah unik di kota Surabaya, kalau anda mau berkunjung silakahkan memilih tempat di pojokan kota tepatnya didaerah atom dan sasak (makam Sunan Ampel), ada keunikan tersendiri ketika kita melihar dan mengamati sekitar, mulai dari bangunan atau bahkan masyarakatnya.
ada 4 etnis yang bergabung menjadi satu ragam, entah itu budaya atau bahkan bahasa, diantaranya ada orang Arab (sebutan untuk keturunan Arab), orang Cina, Jawa, dan terakhir Madura. Sebagian dari mereka adalah pendatang, terlebih lagi pada orang Madura disekitar situ, ada juga dari faktor keturunan, seperti orang Arab dan China, walaupun dari segi wajah yang bukan orang Indonesia pada umumnya yang memiliki face orang Arab dan China tapi tidak menutup kemungkinan mereka orang Asli Indonesia.
suatu contoh ketika saya berjalan jalan melewati daerah sasak, ada satu keunikan yaitu dari segi ekonomi, kebanyakan orang Arab disana adalah pedagang, dan jangan heran jika disetiap kampung di daerah sana adalah orang-orang Arab yang sudah lama menetap didaerah itu, sudah menjadi konsep ekonomi adalah berdagang di kawasan tersebut. Dan tak luput dari dukungan adanya Makan Sunan Ampel, daerah sana juga menjadi kota wisata bagi peziarah yang berkunjung di kawasan Ampel, jadi dengan banyaknya peziarah yang datang maka banyak pula para masyarakat menjadi pedagang. dan jangan heran ketika anda berjalan menyusuri daerah Ampel kita serasa di Timur Tengah 🙂

Lyric If You’re Not The One Lyrics by : Daniel Bedingfield

f you’re not the one then why does my soul feel glad today?
If you’re not the one then why does my hand fit yours this way?
If you are not mine then why does your heart return my call?
If you are not mine would I have the strength to stand at all?

I never know what the future brings
But I know you’re here with me now
We’ll make it through
And I hope you are the one I share my life with

I don’t wanna run away but I can’t take it, I don’t understand
If I’m not made for you then why does my heart tell me that I am?
Is there any way that I can stay in your arms?

If I don’t need you then why am I crying on my bed?
If I don’t need you then why does your name resound in my head?
If you’re not for me then why does this distance maim my life?
If you’re not for me then why do I dream of you as my wife?

I don’t know life so far away
But I know that its just a trip
We’ll make it through
And I hope you are the one I share my life with
And I wish that you could be the one I die with
And I’m praying you’re the one I’Ve build my home with
I hope I love you all my life

I don’t wanna run away but I can’t take it, I don’t understand
If I’m not made for you then why does my heart tell me that I am
Is there any way that I can stay in your arms?

‘Cause I miss you, body and soul so strong that it takes my breath away
And I breathe you into my heart and pray for the strength to stand today
‘Cause I love you, whether it’s wrong or right
And though I can’t be with you tonight
You know my heart is by your side

I don’t wanna run away but I can’t take it, I don’t understand
If I’m not made for you then why does my heart tell me that I am
Is there any way that I can stay in your arms? 

enjoy this lyric…. Alfi

wahai sarjana muda

Berjalan seorang pria muda

Dengan jaket lusuh dipundaknya
Di sela bibir tampak mengering
Terselip s’batang rumput liar

Jelas menatap awan berarak
Wajah murung s’makin terlihat
Dengan langkah gontai tak terarah
Keringat bercampur debu jalanan
 

Engkau sarjana muda
Resah mencari kerja
Mengandalkan ijasahmu
Empat tahun lamanya
Bergelut dengan buku
‘Tuk jaminan masa depan
Langkah kakimu terhenti
Di depan halaman sebuah jawaban

Termenung lesu engkau melangkah
Dari pintu kantor yang di harapkan
Tergiang kata tiada lowongan
Untuk kerja yang di dambakan

Tak peduli berusaha lagi
Namun kata sama yang kau dapatkan
Jelas menatap awan berarak
Wajah murung s’makin terlihat
 

Engkau sarjana muda
Resah mencari kerja
Tak berguna ijasahmu
Empat tahun lamanya
Bergelut dengan buku

Sia-sia semuanya
Setengah putus asa dia berucap
“maaf ibu…”

satu lagu dari Iwan Fals yang mengingatkanku karena ada “embel2” dibelakang namaku, Sarjana Pendidikan..dengan harapan memajukan endidikan, yah begitulah sepertinya.. semoga
balik lagi ke wisuda..
Wisuda? ahh rasanya bahagia ketika mengulang lagi moment dimana tak ada rasa sedih, apalagi melihat orang tua bangga ketika gelar Sarjana telah diraih selama penantian 4 tahun kuliah.. kadang banyak orang menganggap bahwa Sarjana adalah orang pintar dalam bidang intelektual dan sosial, padahal? ah, g juga lah.. terlalu sempit kalo kita sendiri menanggapi seperti itu. Wahai Sarjana Muda…ah kata itu lagi, setiap hari orang tuaku sudah resah menanyakan kenapa tiap hari aku masih saja rajin ke kampus, ah, setidaknya tak seresah apa yang aku bayangkan, mereka lebih fleksibel menanggapi ketika aku bilang aku kerja freelance dikampus, tapi mereka masih sering heran “kok sampai malam?”, entahlah.. aku sendiripun tak bisa menjadwalkan keseharianku, tak tertebak, tapi aku sungguh menikmati itu semua.. membuat jaringan dan pertemanan dimana mana, bertemu suasana dan orang-orang baru dalam hal yang positif untukku.
kadang orang tuaku dan kebanyakan orang tua yang lainnya menganggap bahwa pekerjaan yang enak adalah orang yang bekerja di kantor yang berangkat pukul 8 pagi dan tiba dirumah pukul 4 sore dan akhirnya menikmati weekend setiap minggunya, ggrrrhhh.. its not me! aku tak bisa menjelaskan itu.. semoga mereka mengerti.. aku disini tetap mengejar cita-cita, takkan kusia siakan semua kekhawatiranmu (Orang Tua)